Pages

8.21.2011

Papercraft



Jadi teringat, waktu lagi seneng-senengnya menggeluti bidang papercraft. Mungkin udah banyak yang tau tentang seni melipat kertas ini. Pada dasarnya hampir sama dengan origami, cuma... kalo papercraft itu 3 dimensi, jadi lebih 'idup' diliatnya. Bikinnya juga cukup memakan waktu, selain tinta printer juga tentunya. Papercraft itu sendiri berasal dari Jepang, sama seperti origami. Seni ini terbilang cukup ekonomis, hanya membutuhkan kertas, tinta printer, lem, dan kalau diperlukan buat melipat lipatan yang kecil bisa menggunakan tusuk gigi. Untuk pemula seperti saya, pastinya membutuhkan sketsa dulu, yang dapat banyak diunduh dari sini . Banyak banget macemnya, dari yang mudah ampe yang susah banget. Saya sendiri lebih suka bikin yang lucu-lucu, yang penting mudah. Hehehe...  Kalo udah expert banget, bisa jadi creator, nyiptain bentuk apa aja, cuma saya masih belom bisa mendalami nih, secara belum ada kemauan juga. Hehehehe... Beberapa karya yang udah berhasil saya buat (3 doang yang berhasil diabadikan, yang lainnya keburu dimusnahkan sama mama. Huhuhuhu) :




Memang seni ini kurang efisien kalo hanya dibuat begitu saja, ujung-ujungnya cuma buat jadi pajangan yang jadi tempat debu arisan. Saran saya, setelah membuat karya seni ini (ciaelahhh), lebih baik diletakkan didalam kotak kaca atau sejenisnya untuk melindungi dari debu. Seni Papercraft ini menurut saya bagus banget kalo buat hadiah untuk orang tersayang, nggak cuma buat kado ulang tahun, tapi juga buat momen berharga lainnya, seperti Graduation, Pernikahan, atau cuma sekedar sebagai kenang-kenangan. Proses membuatnya memang membutuhkan kesabaran dan waktu, tapi setelah jadi, dijamin, yang dapet kado papercraft ini, terharu deh! secara bikinan sendiri gitu... hehehehe...

Oh iya, masih ada link lainnya yang bisa jadi inspirasi, contohnya aja

0 comments:

Posting Komentar